Pengabdian, Wujud Terima Kasih Dalam Menuntut Ilmu.

Pondok Al-Anwar Pacitan mengangkat beberapa santri untuk berkhidmah di pondok pasca kelulusan. Program tahunan ini dikhususkan bagi santri-santri kelas 6 KMI yakni memberi mereka amanah untuk berkhidmah di pondok pesantren selama satu tahun setelah kelulusan dimulai ketika ajaran baru dimulai.

Terkait hal ini, KH. M. Anwar Manshur mengibaratkan khidmah atau pengabdian itu seperti kita habis menyantap makanan yang lezat, lalu meninggalkan piring yang kotor.
“Mosok bar mangan ajange gak diasahi. Yo iku umpamane khidmah.” (Masak setelah makan piringnya tidak dicuci, ya seperti itulah perumpamaan berkhidmah) dawuh pengasuh Pondok Lirboyo Kediri itu.

Tentu etika yang baik adalah tidak langsung pergi, namun lebih dulu membersihkan kembali wadah makanan tersebut. Seperti halnya para santri yang telah menamatkan sekolahnya di Pondok Al-Anwar Pacitan, mereka ibarat telah disuguhi curahan ilmu yang lezat. Maka beberapa santri diberikan amanah untuk mengemban tugas mulia yaitu berkhidmah, sebagai wujud terimakasih kepada pondok, para guru dan pengasuh.

Para santri yang diberikan amanah untuk berkhidmah adalah sebagai berikut :
Arsyad Rizaldi Abdillah
Nur Ihsan Assyafi
Erik Astadika
Nandar Bima Sakti
Muhammad Fauzan
Andi Setiawan
Rizki Nur Azizah
Jessika Al Qurnia
Anis Khoeriyah
Raden Dina Putri

Selamat berkhidmah, semoga senantiasa istiqomah, barokah, manfaah, Maslahah dunia hattal akhiroh.