Dua Hari Menjelang Berakhirnya Musim Ujian Tahun 2019.

Ust. Ahmad Fauzi dan Ust. Hilmi Zam Zami di ruang sekretariat ujian

Selasa, 9 Juli 2019 rangkaian kegiatan Ujian yang ada di Pondok Pesantren Modern Al Anwar Ploso Pacitan akan segera berakhir. Sesuai jadwal rangkaian ujian akan berakhir hari Rabu, 10 Juli 2019. Meskipun sudah merupakan detik-detik akhir kegiatan ujian tetapi semangat para santri peserta ujian masih sangat luar biasa.

Hal tersebut terlihat dari kedisiplinan dan ketertiban para peserta ujian. Kedisiplinan waktu, mereka di ajari untuk bisa benar-benar menghargai waktu yang disediakan. Masuk dan keluar ruang sesuai dengan waktu yang disediakan. Lonceng penanda semua kegiatan ujian juga tak kalah disiplin dalam berbunyi.

Ketertiban peserta juga merupakan cerminan dari kesungguhan mereka mengikuti ujian. Pakaian/seragam yang digunakan terlihat rapi dengan asesoris peci dan dasinya. Dengan penuh kesadaran paserta ujian mengerjakan soal mereka sendiri sendiri.

Waktu yang panjang ditengah musim liburan tidak mempengaruhi semagat meraka untuk mengikuti ujian. Siang malam mereka belajar. Buku dan kitab menjadi sahabat mereka kapanpun dan dimanapun mereka berada.

“Semoga semangat belajar seperti ini tetap ada selamanya sadar bahwa ujian merupakan sebuah rangkaian kegiatan belajar, yang membuat kita akan belajar terus meskipun ujian itu sudah usai” begitu disampaikan oleh Ust. Ahmad Fauzi didampingi oleh Ust. Hilmi zam zami, Ustad muda yang berasal dari Jawa Tengah yang menjadi panitia ujian tahun ini.