Pelantikan Bantara Mengiringi Peringatan Hari Pramuka Tahun 2020

Pramuka, diresmikan sebagai kepanduan di Indonesia oleh Presiden Soekarno pada tahun 1951. Dan terus berjalan mencetak kader-kader muda Indonesia yang siap untuk menjadi seorang yang disiplin, berani, betanggung jawab dan cermat.

Seiring berjalanya waktu, pramuka pun kian berkembang dan terus berkembang mengikuti arus modernisasi.

Pondok Pesantren Modern Al Anwar Ploso Pacitan menjadikan pramuka sebagai ektrakulikuler wajib bagi santrinya.

Pada hari Pramuka Indonesia yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus di Pondok Pesantren Modern Al Anwar selalu di gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka.

Rangkaian peringatan hari pramuka tahun 2020 di awalai dengan ujian Bantara yang di mulai pada sore hari tanggal 13 Agustus hingga malam harinya.

Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum  dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”

Santri Putra dan putri kelas 5 KMI
Pondok Pesantren Modern Al Anwar menjadi peserta ujian Bantara.

Salam pramuka…..! Praja muda Karana atau pramuka indonesia tepat berusia 59 pada tanggal 14 agustus 2020.

Meskipun peringatan hari pramuka kali ini terjadi ditengah-tengah pandemi, namun hal itu tak menuyurutkan semangat para santri untuk tetap mengenang perjuangan-perjuangan para pendahulu.

Upacara dihadiri oleh seluruh keluarga besar PPM Al Anwar. Pengasuh Pesantren, Direktur bersama jajarannya serta dewan guru.

Kakak Abdul Manan Anwar, BA sebagai inspektur upacara hari pramuka tahun ini. Harapan dari dilaksanakannya
upacara peringatan ini adalah mampu memompa semangat dari andika-andika pramuka untuk lebih mendalami pramuka itu sendiri, serta menyampaikan kepada mereka bahwa pramuka itu keren,asyik dan gembira.

You must be logged in to post a comment Login