Rembuk nasional BLK Komunitas Bersama Menteri Ketenagakerjaan RI, Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.

Senin Pagi (30/12/2019) kegiatan Rembuk Nasional Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia  yang dilaksanakan di Ponpes Al Fadhlu 2 Kaliwungu kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah dihadiri sekitar 2000 Pengelola BLK Komunitas di daerah se-Indonesia,

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Tenaga Kerja Drs. Hj. ida Fauziyah, M.Si. yang menyaksikan secara langsung kerjasama antara kementerian tenaga kerja dengan beberapa perusahaan seperti Toyota, Daikin, dan sejumlah perusahaan lain.

Menteri Tenaga Kerja Dr. Ida Faziyah mengatakan pihaknya bahkan terus mendorong masyarakat yang belum kerja menjadi bisa bekerja yang susah bekerja jadi berdaya saing.

Ida Fauziyah menyampaikan,”Sesuai dengan instruksi Presiden yang ingin menjadikan tahun 2024 menjadi tahun pembangunan SDM, kemnaker melakukan pelatihan di BLK pemerintah dan lembaga pelatihan lainnya baik blk swasta dan lpk termasuk 1113 BLK Komunitas,” katanya lagi.

Seperti diketahui bahwa BLK komunitas nerupakan terobosan Presiden  Jokowi untuk melengkapi soft kill dan pendidikan karakter keagamaan yang ditambahkan dengan hard skill, ”kami berharap snatri dan masyarakat sekitar bisa berdaya sehingga bermanfaat bagi santri dan masyarakat sekitar,” ucap menteri perempuan di kabinet Indonesia Maju..

Menaker juga menjanjikan,”Kami siap memfasilitasi dan 2020 bakal kembali menghadirkan 2000 BLK lagi kalau bagus maka tahun berikutnya akan kami tambah lagi,” tegasnya disambut tepuk tangan audiens.

Perwakilan perusahaan dan kampus dalam sesi dialog ITS siap membantu modul, dan sertifikasi, Sampoerna ingin memajukan kualitas SDM bangsa bekerjasama dengan BLK Komunitas, rata-rata para penanya salam sesi dialog menanyakan kontinuitas bantuan pelatihan dan pasca pelatihan.

Hadir perwakilan dari Pesantren Al Anwar Pacitan dalam rembuk nasional tersebut Ustad Muhammad Abduraahman. Ustad muda yang menjadi instruktur bidang desain grafis di BLK K Al Anwar.

Datang diakhir acara dialog, Wakil Ketua DPR RI H. Muhaimin Iskandar atau yang akrab dipanggil Cak Imin merasa bangga dengan kegiatan Rembuk Nasional BLK se Indonesia,” Kita harus bangga dan bersyukur atas terobosan pak Jokowi yang telah membangun BLK yang banyak dengan waktu yang sangat cepat pula, dengan anggaran khusus dan beliau tau betul titik yang perlu dilakukan percepatan pembangunan SDM bangsa,” ungkapnya.

Cak Imin nuga mengapresii MOU antara perusahaan dengan BLK, dalam bergurau Cak Imin bahkan mengajak,” Bila Perlu MOU dengan malaikat,” canda Cak Imin disambut gelak tawa hadirin.

Cak Imin juga meminta BLK memiliki komitmen dalam melaksanakan program pemerintah melalui pelatihan dan tercapainya skill bangsa yang berdaya saing.