Al-Anwar, Peringati Malam Muharram

Sabtu Malam Minggu, 31 agustus 2109 keluarga besar pondok pesantren modern alanwar memperingati malam pergantihan tahun Hinjriah. Santri dan assatid bersama sama berkumpul dihalaman utama pesantren.

Sore hari sebelum pelaksanaan, OPPM sebaga panitia utam mempersiapkan perlengkapan. Panggung,, sound dan laghting dipesiapkan dengan maksimal, panitia putri mempersiapkan konsumsi.

Acara dimulai setelah sholat isya’. Rebana Syamsussumus mengiringi jalannya acara dengan lagu lagu khosidah sejarah kenabian. Para dewan assatid duduk di panggung depan. Satu persatu membacakan sejarah kenabian yang ada dalam kitab Maulid al barjanji.

Mahallul Qiyam merupakan salah satu bagian yang ada dalam kegiatan tersebut. Saat Mahallul Qiyam sedang berlangsung semua orang yang hadir dalam majelis tersebut, tua muda, laki perempuan semua berdiri untuk memberikan penghormatan kepada shahibul Maulid, Nabi ﷺ sambil membaca qasidah madah (pujian kepada beliau SAW) dengan penuh kekhusu’an bahkan tidak jarang banyak air-air mata yang tumpah. Sulit untuk digambarkan bagaimana kekhusu’an, ketenangan, kedamaian, dan kenyamanan yang dirasakan dalam hati.

Di akhir acara Ustad H. Sarip Husen, S.Pd.I menyampaikan maudzoh hasanah tentang hikmah Bulan Muharram “fadhoilul akmal di Bulan Muharram salah satunya adalah puasa ketika tanggal 9 dan 10 Bulan Muharram, memperbanyak silaturohmi dan shodakoh, sebagai santri selayaknya kita bisa mempraktekkan itu semua dalam kehidupan sehari-hari, berbagi sesama teman seasrama, hidup rukun, dan riyadoh bathiniah dengan berpuasa” begitu disampaikan dalam ceramahnya.