KSM, Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa siswi lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan kementerian agama yaitu Madrasah,(ibtidaiyah, tsanawiyah dan, aliyah). Siswa yang lolos seleksi tingkat madrasah maka akan mewakili lembaganya untuk berkompetisi antar madrasah di tingkat kabupaten. Begitu seterusnya sampai di tingkat nasional.

Kegiatan tersebut penting diadakan, selain sebagai sarana untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa secara regional maupun nasional juga untuk memberikan motivasi dan mencari bibit siswa yang memiliki potensi akademis dalam bidang sains.

Bidang pelajaran yang di kompetisikan adalah MI ( matematika dan sains IPA terintegrasi) MTS (Matematika IPA dan IPS terpadu terintegrasi) dan MA (matematika, kimia biologi fisika ekonomi dan geografi terintegrasi)

Seleksi Kabupatèn akan dilaksanakan serentak besuk hari Sabtu, 20 Juli 2019.

Kegiatan KSM tahun ini mengambil tema dengan semangan KSM Kita wujudkan integrasi sains dan islam menuju madrasah hebat bermartabat.