Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athas

Alhamdulillah, pada kesempatan ini, Senin 13 Januari 2020, pada pukul 17.00, keluarga besar Al Anwar, bisa berziarah ke makam Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athas.

Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athas dilahirkan di kota Hajren, Hadramaut, Yaman pada tahun 1255 H. Pada masa kecilnya, beliau mendapat didikan langsung dari orang tuanya beliau adalah Al-Habib Abdullah bin Thalib al-Aththas dan asy-Syarifah Zaenah Binti Ahmad AlKaf dalam bidang agama. 

Komplek pemakaman Beliau berada di Kelurahan Sapuro Kebulen Kecamatan Pekalongan Barat, sekitar 200 meter dari jalan utama Pekalongan, masyarakat menyebutnya dengan makam sepuro. Hampir dipastikan setiap harinya tidak pernah sepi dari para peziarah yang datang dari berbagai penjuru kota di Tanah Air.

Di kota Pekalongan beliau selalu aktif meneruskan kegiatan-kegiatan dakwahnya. Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua fikrah beliau semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. 

Waktu beliau selalu terisi dengan dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan rajin membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Selain itu, ilmu beliau selalu tampak bercahaya, terpancar melalui akhlak beliau yang mulia.

Semoga para santri bisa meneladani Beliau dalam mencari Ilmu dan berdakwah.