Lebih Dekat dengan Al Anwar di Tahun 1994an

Tampak para santri tahun 1990an

Al Anwar merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berbasis pesantren. Letaknya berada di kelurahan Ploso Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan merupakan letak yang relatif berada di kawasan perkotaan Kabupaten Pacitan. Pusatnya ekonomi dan pendidikan di Kabupaten Pacitan.

Pada masa tahun 1990an sudah banyak santri yang berdatangan dari luar daerah kabupaten Pacitan. Menurut beberapa sumber dan data di pesantren menyebutkan bahwa santri pada masa masa itu berasal dari beberapa daerah di jawa tengah, jawa timur dan sumatra.

Dari Jawa Tengah h diantaranya dari Wonogiri dan Boyolali , Jawa Timur berasal dari daerah Jember , Surabaya, Malang, Blitar, Trenggalek, Ponorogo dan serta dari Sumatera ada dari Selat Panjang, Tanjung Pinang, Duri dan Dumai, Bogor Jawa Barat.

Kegiatan santri pada masa awal tinggal dipesantren adalah belajar surah al Fatihah dan bacaan attakhiyat. Santri diharapkan bisa secara fasih membaca dua surat tersebut. Setelah fasih membaca dua hal tersebut di hadapan KH Khariri baru santri di perbolekan meneruskan belajar ngaji Al Qur’an.

Selain ngaji, rutinitas santri yang susah di lupakan adalah “ngliwet atau ngendil”. “biyen nek masak kayune golek carang pring mburi pondok,,,, segone tutupi godong gedang tindih tugelan boto” begitu disampaikan oleh Didik, salah satu alumni yang sukses bisnis di bidang Event Organizer (EO) di Kabupaten Meranti Selatan Panjang.

Dan tentunya masih banyak lagi hal hal menarik yang susah dilupakan oleh generasi santri pada masa itu…