Rutinan Pembacaan Maulid Al-Barzanji Setiap Kamis Malam di Al-Anwar

Al Anwar, Kamis malam, 18 juli 2019 tidak ubahnya seperti kamis malam pada umumnya di Al-Anwar yaitu dibacakan kitab maulid nabi Muhammad saw diiringi dengan sholawat bersama seluruh santri dan asatidz.

Kegiatan rutinitas tersebut sudah berlangsung sangat lama. Dalam segala situasi, kondisi dan keadaan, alkhamdulillah keluarga besar pondok al anwar dapat merutinkan, istilah jawannya “ngajekakake” membaca kitab maulid tersebut.

Entah situasi liburan, kondisi pikiran yang kurang enak dan keadaan badan yang kurang sehat, bukan menjadi alasan untuk tidak ikut majlis tersebut.

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Wahai sekalian manusia, lakukanlah amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Karena Allah tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu (ajeg) walaupun sedikit.” (HR. Muslim)

Pada kegiatan rutinan kali ini ada hal yang berbeda. Hal yang berbeda adalah tampak wajah-wajah pecinta nabi yang baru. Mereka adalah santri-santri baru pondok Al-Anwar yang pada malam itu mengikuti maulid untuk kali pertama di Pondok Al-Anwar Pacitan.

Al-Ustadz Abdul Manan pada kesempatan tersebut juga menyampaikan mauidzohnya beliau menyampaikan tentang pentingnya sholawat dan mencintai nabi Muhammad yang itu menjadi sebab diantara sebab-sebab kita meraih syafaat.

Beliau juga memperkenalkan Jam’iyyah Hadroh Syamsussumus, grup sholawat Pondok Al-Anwar Pacitan yang istiqomah mengiringi sholawat di musholla setiap malam jumat.

Semoga Allah tambahkan kecintaan kita terhadap nabi Muhammad keluarga dan para sahabat dan Allah kumpulkan kita semua dengan mereka di akhirat, amin