Salah satu destinasi wisata religi terkini yang ada di kabupaten Pacitan adalan Masjid Kemampul atau yang lebih akrib di sebut dengan Masjid Apung Pacer Door.

Masjid Apung yang juga disebut Masjid Kemampul ini terletak di kawasan Pantai Pancer Door, Kelurahan Ploso Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Masjid Kemampul mulai dibangun sejak 2019 yang digagas langsung oleh KH Fuad Dimyati, pengasuh pondok tertua di Pacitan, yakni Pondok Pesantren Tremas.

Di masjid ini, pengunjung dapat melepas penat sekaligus khusuk beribadah. Pesona indah air laut diiringi semilir angin sore di sekitar masjid sangat cocok untuk berintroveksi sekaligus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Di dalam masjid, alunan air yang bersumber dari bahan dasar bambu menambah bisa menambah kekhusukan dalam membaca Al-Qur’an dan wirid wirid lainnya..

Takmir Masjid Kemampul Ryan Yudyanto mengatakan, walaupun masjid tersebut berada di bibir pantai dan jauh dari permukiman warga, namun kegiatan ibadah tetap berjalan seperti di masjid pada umumnya.

Gus Fuad bersama Takmir Masjid

Seperti kegiatan rutinan pembacaan shalawat oleh santri maupun para guru Pondok Pesantren Tremas, bahkan juga diisi dari komunitas shalawat dengan langgam Jawa.

Share.
Exit mobile version