Dagelan Santri Bersama Cak Yudho


Yudho Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan Cak Yudho Bakiak (lahir di Ngawi, 26 Juni 1982 adalah seorang pelawak dan seniman yang cukup populer di Jawa Timur. Namanya mulai dikenal saat bergabung dengan Cak Percil yang merupakan sahabatnya kala mengenyam pendidikan seni non formal di Padepokan Seni Kirun Cs yang dipimpin oleh pelawak kondang Jawa Timur yaitu H. Mohamad Syakirun atau Kirun

Ia mengawali karir dari dunia Seni Kethoprak sebelum bergabung ke Depot Seni Kirun Cs di Madiun. Nama Panggung Bakiak sendiri merupakan akronim dari kata Bareng Kyai Ndandani Akhlak atau dalam bahasa indonesia artinya bersama kyai memperbaiki akhlak. Ia sempat juga mengisi acara lawak Bakiak yang merupakan singkatan dari Bareng Kirun Ayo Ngakak yang saat itu tayang di JTV.

Dari sinilah ia menambah embel-embel namanya. Ia dikenal juga sebagai salah satu Dagelan yang pandai ndalil atau sering mengutip ayat dari Al-Qur’an pada saat dirinya melawak. Dari sinilah muncul istilah Dagelan Pondok atau pelawak dari pesantren. Selain melawak, dirinya juga sering mengisi acara tausiah di berbagai daerah di Jawa Timur, meski dalam acara tauisah nya tak jarang diselipi dengan Banyolan – Banyolan khasnya.

Ia juga tercatat sebagai anggota Lesbumi Nahdhatul Ulama. Dirinya juga sempat mendapat penghargaan dari Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai salah satu seniman yang berperan dalam pengembangan budaya Jawa dan mendapatkan gelar Mas Ngabei Yudho Prasetyo. Sempat bergabung dengan Cak Percil di manajemen GM Record Cak Percil Cs, pada akhir 2017 dirinya memutuskan untuk keluar dan memilih mendirikan manajemen sendiri yang ia beri nama Bakiak Management.

Saat menimba ilmu disana sekira tahun 2008 ia sering diajak pentas oleh Kirun di berbagai daerah sekitar Madiun, bahkan sampai ke luar negeri. Di padepokan ia bertemu dengan Cak Percil yang kemudian keduanya menjadi salah satu siswa kesayangan Abah Kirun. Hingga keduanya berhasil menggantikan peran Bagiyo dan Kolik yang sudah wafat. Nama Bakiak sendiri adalah nama yang didapat saat ia mengisi program acara BAKIAK yang tayang di JTV sekitar tahun 2010. sumber (https://id.wikipedia.org/wiki/Cak_Yudho_Bakiak)

Alkhamdulillah pada kesempatan ini Cak Yudho bersama tim akan tampil di Pondok Pesantren Modern Al-Anwar Ploso Pacitan. Senin, 16 Juli 2018 bertempat di halaman pondok pesantren cak yudho di rencanakan akan tampil selama 2 jam. Di iringi oleh grop campur sari Cakra Budaya.