Amaliyah, sarana Uji Kemampuan Mengajar ala KMI.

Salah satu santri kelas akhir sedang praktik mengajar.

Pondok Al-Anwar Pacitan kembali mengadakan program tahunan amaliyatuttadris atau praktek mengajar yang diperuntukkan bagi santri akhir kelas 6 KMI. Ustad senior, ust. Iqbal Ghozali, S.Pd. ditunjuk sebagai ketua panitia ujian amaliah tahun ini.

___

Amaliyatuttadris tahun ini dilaksanakan selama satu minggu terhitung sejak sabtu 13 April dan telah berakhir pada kamis 18 April 2019 dengan alhamdulillah lancar dan tertib.

___

Selama satu minggu waktu pelaksanaan, semua peserta dituntut untuk mempraktekan secara langsung berbagai metode pembelajaran yang sudah mereka dapatkan selama di kelas. Selama satu jam pelajaran setiap peserta mengajar layaknya guru menggunakan bahasa resmi pondok yakni bahasa arab maupun inggris.

___

Praktek Mengajar kelas 6 ini adalah upaya untuk menyiapkan calon guru-guru yang baik dan benar dengan langkah-langkah mengajar yang telah didapatkan di pelajaran KMI dengan dibimbing langsung oleh para musyrif atau ustadz pembimbing.

___

“Dengan dilaksanakannya Amaliyah Tadris ini besar harapan kami agar seluruh santri kelak menjadi pengajar dan pendidik yang baik, berkompeten dan percaya diri manakala berbicara di depan khalayak” Begitu disampaikan oleh ustad dari Jawa tengah tersebut.

___

Regards @ Pondok Al-Anwar Pacitan