Kenali , Pahami, pilih Strategi

Al Anwar Kamis, 18 Juli 2019. Mengawali seluruh rangkaian kegiatan santri baru yang ada di pondok pesantren modern al anwar adalah tes klasifikasi kelas, tes dikelompokkan menjadi dua kelompok. pertama adalah tes tulis dan yang kedua adalah tes membaca Al Quran. Seluruh santri baru baik putra maupun putri diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dimulai tepat pukul 07.30, pra peserta dengan tertib memasuki ruangan yang telah di sediakan. Terbagi menjadi empat ruang kelas dengan jumlah per ruang sekitar 30 peserta. Dengan memakai pakaian atas putih dan bawah hitam, mereka takpak rapi menduduki tempat duduk yang telah dipersiapkan.

Tiap ruang dipandu oleh dua pengawas. Pengawas merupakan ustad ustad muda yang sedang menjaladi masa pengabdian di Pondok pesantren modern al anwar.

Tes dimaksudkan untuk memetakan kemampuan yang dimiliki oleh santri baru. Dari hasil pemetaan awal diharapkan akan memudahkan lembaga untuk mengarahkan dan harus memulai dari mana dalam membimbing para santri tersebut. Mengingat kemampuan masing masing santri tidaklah sama.

Tes tulis meliputi tes kemampuan  dasar  memahami pelajaran secara umum, sperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Pendidikan Agama Islam.

Sedangkan tes membaca Al Quran meliputi kalancaran, kefasihan dan hukum tajwidnya. hal itu dilakukan secara langsung, mengingat membaca Al Quran merupakan hal yang sangat penting untuk mempelajari agama lebih mendalam. Ustadzah Umi Hanik, Hafizah yang menjadi ustadzah di Pondok Pesantren Modern Al Anwar merupakan salah satu penguji kemampuan santri dalam hal tersebut.