Membuka Tahun dengan dzikir dan sholawat.

Pacitan. Ratusan santri Pondok Pesantren Modern Al-Anwar Ploso Pacitan bersama dewan guru melantunkan sholawat di halaman utama pondok yang terletak di kelurahan Ploso kecamatan Pacitan, Senin malam 10 September 2018.

Acara dzikir dan sholawatan ini rutin digelar setiap 1 muharram guna menyambut tahun baru islam yang kini memasuki tahun 1440 hijriyah.

Tampak di atas panggung, pengasuh pondok Al ustadz Abdul Manan Anwar bersama asatidz duduk khidmat membaca maulid Simtudduror karangan Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi dengan diiringi lantunan sholawat nabi oleh jam’iyah hadroh Syamsussumus Al-Anwar.

Tidak ketinggalan, pengasuh pondok memberikan mauidzoh hasanah sebelum doa. Dalam mauidzohnya beliau sampaikan beberapa peristiwa besar yang terjadi di bulan muharram pada masa lampau seperti diselamatkannya nabiyullah Yunus dari ikan paus yang sempat memakannya.
Beliau juga menyampaikan bahwa setiap nabi diberikan karunia berupa doa yang mustajab dan kesemuanya sudah ditunaikan di dunia kecuali milik nabi Muhammad saw. Nabi kita menyimpan doa mustajabnya pada hari kiamat untuk menyelamatkan umatnya di hari tersebut kelak. semoga kita termasuk di dalamnya.

Kita berharap, dengan tahun baru ini hijriyah ini semangat hijrah untuk menjadi lebih baik akan senantiasa terbangun, karena perubahan demi perubahan ke arah yang lebih baik merupakan bentuk dari akhlak terpuji seperti yang telah dicontohkan oleh nabi kita Muhammad saw.

Acara ditutup dengan doa bersama dilanjutkan dengan santap makan dengan nampan ala santri.

You must be logged in to post a comment Login