HAB Ke 74, Kemenag Tingkatkan Pengabdian Kepada Bangsa, Negara dan Agama

Ada sesuatu yang berbeda kegiatan HAB ke-74 kali ini yakni adanya Gerakan Memungut Sampah saat dilaksanakan Jalan Sehat Kerukunan (Rabu, 18/12).

Jalan sehat ini diikuti oleh seluruh komponen Kementerian Agama di Kabupaten Pacitan, siswa madrasah, santri pondok pesantren, tokoh agama, ASN dan keluarganya juga warga masyarakat lain, tidak kurang 3000-an masa mengikuti jalan sehat kerukunan ini.

Diawali dengan laporan Kepala Kantor Kementerian Agama – Dr. H. Moch. Nurul Huda, M.Pd. –  yang menyatakan bahwa, ada satu kegiatan lain dibanding pelaksanaan kegiatan jalan sehat kali ini, yaitu adanya Gerakan Memungut Sampah sepanjang rute jalan sehat yang dilakukan oleh peserta maupun oleh Panitia dari Kantor Kementerian Agama yang didukung siswa MA Negeri Pacitan.

Lebih lanjut Nurul Huda mengingatkan, “jika kita menjaga alam, maka alampun akan menjaga kita dan harmoni kehidupan akan terjaga, apalagi sekarang menjelang musim hujan”. Sedangkan pemberangkatan peserta dilakukan oleh Bupati Pacitan didampingi Wakil Bupati serta Anggota Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Pacitan.

Perlu diketahui bahwa dalam rangka Hari Amal Bakti  ke-74 Kementerian Agama Tahun 2020 di Kabupaten Pacitan, Kantor Kementerian Agama memprogramkan aksi dan kegiatan nyata bagi masyarakat dan motivasi meningkatkan pengabdian kepada bangsa, negara dan agama.

Kegiatan tersebut antara lain : bakti sosial, permainan olah raga, jalan sehat kerukunan, donor darah di samping kegiatan wajib Upacara Bendera tanggal 3 Januari 2020 dan sujud syukur juga shalat hajat.

Setelah menempuh jarak sekitar 3 km, dilaksanakanlah pengundian door-prize sekaligus hiburan untuk semua peserta, disediakan 10 sepeda dan 2 lemari es disamping beberapa barang lain yang disediakan panitia, dan yang menarik ada door-prize sepasang burung love-bird dan sangkarnya yang terus “bernyanyi” sepanjang kegiatan.