Inkubator Kewirausahaan dalam BLK Komunitas, Sarana Pemerintah Kurangi Pengangguran.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) membuat kegiatan Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja melalui Inkubator Kewirausahaan Berbasis Komunitas dalam Balai Latihan Kerja (BLK).

BLK ini berfungsi menyelenggarakan pelatihan kompetensi atau keahlian untuk memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan masyarakat di sekitar kawasan lembaga.

Direktur Bina Perluasan dan Kesempatan Kerja Kemnaker I Nyoman Darmanta mengatakan, program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan ini akan menjadi salah satu program unggulan Kemenaker.

Dia menjelaskan, intervensi terhadap program ini akan melibatkan seluruh fungsi Kemenaker secara berkolaborasi dan terintegrasi, serta pelibatan berbagai pemangku kepentingan secara lintas sektor.

“Pun hasilnya akan sangat efektif, terukur, dan berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi pengangguran dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/10/2021).

Nyoman menambahkan, kegiatan Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja melalui Inkubator Wirausaha Berbasis Komunitas bertujuan mengakselerasi BLK Komunitas menjadi inkubator wirausaha.

Hal tersebut penting untuk meningkatkan perluasan kesempatan kerja, menciptakan inkubator wirausaha yang mampu mendampingi wirausaha Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dalam mengembangkan usahanya, dan menciptakan perluasan kesempatan kerja berbasis komunitas.

Beberapa manfaat dari kegiatan ini, yakni meningkatnya kompetensi sumber daya manusia BLK Komunitas, terciptanya unit pelayanan wirausaha TKM di daerah, terdampinginya wirausaha TKM dengan lebih intensif, serta terciptanya wirausaha TKM yang berkualitas dan berkembang baik.

Muhammad Abdurahman, salah satu peserta kegitan dari BLK Komunitas Al Anwar Pacitan Jawa Timur menyambut baik kegiatan ini.”Kita menyambut baik program pemerintah ini, sangat bermanfaat dan bisa menyasar sampai di tingkat daerah yang paling bawah, intinya program ini sangat baik dan bermanfaat sekali”

Adapun, kegiatan tersebut digulirkan untuk mendampingi wirausahawan mandiri yang mendapatkan bantuan program Pemberdayaan TKM.

Pasalnya, wirausahawan (pebisnis) diharapkan memiliki ilmu dasar dan prinsip kewirausahaan, serta strategi pemasaran.

Oleh karenanya, BLK Komunitas hadir menjadi wadah untuk mengembangkan calon inkubator wirausaha yang akan mengarahkan pengusaha TKM mengembangkan bisnisnya dan membina mereka menghadapi masalah yang akan dihadapi.