Bebondong-Bondong untuk Nyantri

Al Anwar, Senin 17 Juni 2019. Satu persatu calon santri baru Pondok Pesantren Modern Al-Anwar mulai melakukan Regestrasi. Ada yang datang sendirian, bersama teman-temannya dan ada pula yang diantarkan oleh kedua orang tuanya. Selain dari kecamatan – kecamatan yang ada di kabupaten Pacitan juga ada calon santri yang berasal dari luar daerah, diantaranya ada dari Brebes Jawa Tengah dan Sumatra.

Panitia Penerimaan Santri baru memberikan ruang khusus di Sekretariat pendaftaran. Di sana mereka diterima dangan hangat dan ramah. Sebelum mengisi formulir pendaftaran biasanya ada satu dua santri yang berkeinginan melihat-lihat sekitaran asrama yang akan mereka tempati.

“Alkhamdulillah sampai saat ini sudah hampir seratus calon santri yang sudah melakukan registrasi dengan mengisi formulir, baik yang dilakukan secara online maupun off line (langsung datang ke pesantren)” begitu disampaiakan oleh Kepala MA Al-Anwar, Ali Musthofa, S.Pd. didampingi oleh Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru tahun 2019/2020, Ust. Muhammad Abdurahman.

Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan merupakan langkah awal untuk menjadi santri di Al-Anwar. Panitia menyediakan formulir tersebut lengkap dengan alat tulis menulisnya. Dengan tekun dan telaten wali santri dan panitia membantu untuk mengisi formulir tersebut. Selain formulir wali santri dan calon santri juga di wajibkan mengisi surat pernyataan yang telah disediakan panitia.

Setelah formulir dan surat pernyataan selesai diisi santri bersama wali mendengarkan penjelasan dari panitia. Penjelasan tersebut seputar persyaratan administrasi, serta bekal apa saja yang dipesiapkan untuk jihad memerangi kebodohan, menuntut ilmu di pesantren.

Setelah tahapan tersebut selesai Santri dan wali santri bisa pulang ke rumahnya masing – masing dan menunggu pelaksanaan daftar ulang. Calon santri akan resmi menjadi Santri Al Anwar ketika sudah selesai melakukan daftar ulang.